Istilah PRUSA sangat terkenal di dunia 3D printer. Tapi banyak sekali salah kaprah dengan Prusa. Jadi apakah sebenarnya yg disebut dengan Prusa itu? Apakah yg disebut dengan original Prusa, dan apa yg disebut dengan Clone Prusa?

Sebenarnya Prusa adalah nama orang yg berasal dari Ceko Eropa. Lengkapnya adalah Josef Prusa. Dia membuat sebuah desain RepRap open source yg disebut dengan Prusa. Awalnya dia membuat Desain Prusa Mendel, kemudian Prusa Mendel i2 dan dilanjutkan dengan Prusa i3. Istilah i2 dan i3 artinya adalah iteration 2 dan iteration 3, atau turunan ke-2 dan turunan ke-3.

Setelah desainnya terkenal, Prusa kemudian mendirikan Perusahaan yg diberi nama Prusa Research. Nopember 2016 Prusa meluncurkan produk Prusa i3 Mark 2 yg sangat pupuler karena kwalitasnya yang sangat bagus.
Desain prusa ini kemudian banyak ditiru oleh pembuat printer lain karena Prusa membuat desain nya sebagai desain open source sehingga semua orang bisa meniru.

Bahkan karena istilah Prusa i3 sangat dikenal, pembuat printer yg desainnya sudah lumayan jauh berbeda pun menyebut printernya sebagai printer dengan model Prusa i3 yang kemudian dikenal dengan istilan Prusa i3 Clone.

Prusa i3 Clone yang paling terkenal di tahun 2017-2018 adalah Anet A8, meskipun sekarang sudah mulai banyak tertinggal dengan model lain. Seperti Anet A8 dan Ender 3, biasanya prusa clone murah menggunakan board yg lebih jelek dengan processor yg lebih lemah. Dan menggunakan komponen2 hardware yg lebih murah pula.

Namun Anet A8 adalah printer yg paling disukai para DIY karena mudah di modif dan di upgrade. Misalnya dengan mengganti frame dengan aluminium seperti yg di jual di Rajawali 3d. Banyak sekali penggiat 3d Printing yang belajar seluk beluk printer3d dari printer Anet A8<
Prusa i3 Clone yg kita kenal diantaranya adalah :

    • Anet A8 dan A6
    • Tevo Tarantula dan Tornado
    • Anycubic Modular i3 dan Mega i3
    • Creality CR-10
    • Sunhokey Prusa i4
    • FLSun 3D Prusa i3