Umumnya filament keluar dari hot end dengan temperatur berkisar di antara 190 hingga 240 derajat celcius. Ketika masih panas, sifatnya lunak dan mudah dibentuk. Ketika mulai mendingin, menjadi padat dan kaku. Perlu Keseimbangan yang tepat antara temperatur pemanasan dan pendinginan. Jika bentuk cetakan tampak lumer meleleh, itu disebabkan oleh pemanasan berlebihan (over heating). Dibawah ini akan dibahas mengenai penyebab umum overheating dan cara mengatasinya.

Pemanasan yang cukup diperlukan agar plastik bisa mengalir dengan mudah melalui nozzle. Pendinginan juga diperlukan agar filament cepat padat sehingga bentuknya tidak berubah karena meleleh.

Kurang Pendinginan

Penyebab utama overheating adalah pendinginan plastik kurang cepat. Saat perlahan-lahan mendingin, plastik panas mudah berubah bentuk. Beberapa jenis plastik, lebih bagus jika cepat mendingin untuk mencegah perubahan bentuk setelah dicetak. Jika printer dilengkapi kipas pendingin, tambahkanlah kecepatan kipas agar mendinginkan plastik lebih cepat. Pendingin tambahan ini sangat membantu untuk mempertahankan bentuk cetakan. Jika printer tidak disertai kipas pendingin, cobalah memasang kipas agar layer cepat mendingin.

Mencetak pada Temperatur Tinggi

Jika sudah menggunakan kipas pendingin tapi masih mengalami overheating, cetaklah pada suhu lebih rendah. Plastik yang meleleh pada suhu lebih rendah akan lebih cepat memadat dan mempertahankan bentuknya. Turunkan temperatur sebanyak 5-10 derajat. Hati-hati agar jangan sampai temperaturnya terlalu rendah, karena bisa menyebabkan plastik tidak cukup panas untuk meleleh dan keluar dari nozzle.

Mencetak Terlalu Cepat

Jika kita mencetak tiap layer terlalu cepat, maka layer dibawahnya tidak punya cukup waktu untuk membeku sebelum layer atasnya di cetak. Ini sangat penting untuk cetakan berukuran kecil karena tiap layer hanya butuh waktu cetak beberapa detik. Untuk cetakan kecil, kipas pendingin tidak cukup. Kita masih perlu mengurangi kecepatan cetak. Software Slicer bisa mengatur kecepatan cetak minimal tiap layer. Ini adalah fitur untuk mengatasi masalah overheating.

Mencetak Beberapa Part Sekaligus

Jika sudah mencoba 3 hal di atas namun masih saja gagal, cobalah untuk mencetak dalam jumlah lebih banyak. Import objek kedua dan cetak dalam waktu bersamaan. Dengan mencetak dua objek bersamaan, akan memberi waktu pendinginan lebih pada tiap cetakan. Nozzle perlu waktu untuk berpindah ke tempat baru untuk mencetak obyek ke dua, yang mana akan memberikan waktu agar cetakan pertama mendingin. Sangat sederhana dan efektif untuk mengatasi masalah overheating.