Scaling Up 3D Printer Maker – Kemenperin

Akhirnya Kemenperin mengadakan event tentang 3D printer yg pertama kali di Indonesia. Sungguh beruntung Rajawali3D dapat hadir dan mengisi acara tersebut sebagai pengajar.

Acara Scaling Up 3D Printer Maker ini di adakan pada tanggal 05-08 Nopember 2019 di Bandung Techno Park (BTP) dan diorganisir oleh Bpk. Burhan Mulyono, Kepala Seksi IKM Elektronika dan Telematika.

Acara ini menjadi sesuatu yg sangat penting bagi penggiat 3D Printing di Indonesia, karena dari sini terbentuk komunikasi dengan pemerintah. Kami bisa saling berbagi informasi dan mendapat banyak arahan.

Salah satu point penting di sini adalah arahan untuk membentuk asosiasi 3D printing yang kebetulan memang sedang kita godog. Kemudian juga ada pembicaraan untuk kelanjutan kegiatan yg diwujudkan dengan diadakankan acara FGD 3D Printing di hotel Pesonna Yogyakarta.

Acara ini dihadiri oleh 9 kelompok. 3 kelompok maker, 3 kelompok dari pendidikan, dan 3 kelompok dari pengguna dan pebisnis printer

Sedangkan sebagai pembicara adalah

  • Bpk. Agus Tavip Riyadi, Kasubdit IKM Elektronika dan Telematika yang hadir mewakili Direktur IKM Logam
  • Bu Mardiyati – Institute Teknologi Bandung
  • Bpk. Herry Kusuma – CNC Design
  • Bpk. Robby Candra – Rajawali3D
  • Bpk. Gunawan Syarifudin – IMA 3D Printer
  • Bpk. Herianto – Universitas Gadjah Mada

Bpk. Agus Tavib berbicara mengenai pentingnya 3D printing di Industri 4.0. Bu Mardiati berbicara tentang Material yg Digunakan di 3D printer. Bpk. Herry Kusuma berbicara mengenai posisi 3D Printing di Industri. Bpk Robby Candra berbicara mengenai cara2 merakit 3D Printer. Bpk Gunawan membagi pengalamannya ketika membuat printer 3D. Bpk. Herianto berbicara tentang aspek bisnis 3D Printer.