Ada 2 macam aluminium extrusion profile yang sering kita dengar yaitu V-Slot dan T-Slot. Keduanya bisa digunakan sebagai rangka printer atau CNC. Apa sebenarnya beda kedua rangka aluminium ini ?

Aluminium Extrusion adalah Aluminium yang telah di extrude melalui lubang cetakan sehingga membentuk batang aluminium dengan Profil tertentu. Dengan menggunakan Aluminium Extrusion Proflie, mudah sekali membuat kerangka untuk berbagai macam keperluan. Aluminium tidak berkarat dan tidak sekeras besi sehingga lebih mudah dikerjakan dan tidak membutuhkan perawatan untuk mencegah karat.

T Slot

Disebut T-Slot karena penampangnya membentuk huruf ‘T’. T-Slot sudah banyak digunakan di berbagai keperluan dan bentuknya sebenarnya sangat beragam dan sifatnya universal.

Selokan yang berbentuk T ini memudahkan kita untuk memasang baut sehingga dengan mudah T Slot ini di rangkai.

Ukuran T slot juga bermacam2, tetapi kebanyakan berdimensi 20×20, 30x30x 40×40 dan kelipatannya. Namun sayangnya tidak ada standard yg pasti sehingga masing-masing pabrik punya dimensi yang berbeda. Dengan demikian Nut yg bisa di pakai T-Slot bentuk tertentu, belum tentu bisa di gunakan oleh bentuk yang lain. Hal yang mana kemudian bisa menyulitkan. Masing-masing pabrik juga punya standard ketebalan yang berbeda-beda. Jadi beratnya pun berbeda-beda. Bahkan grade aluminium yg dipakai juga berbeda-beda.

 

V Slot

 

V-Slot adalah T-Slot yang selokannya membentuk huruf V.  V-Slot adalah Open Source hardware dan menjadi standards dari Openbuilds. V-Slot adalah perbaikan dari T-Slot yang utamanya adalah untuk rangka mesin seperti CNC dan 3D Printer. Selain digunakan untuk rangka V-Slot juga cocok digunakan sebagai rel. V-Slot sebagai rel ini sangat bermanfaat bila kita membangun mesin2 berdimensi mendekati 1 meter atau lebih, karena cukup kuat dan cukup presisi, namun tidak semahal menggunakan linear motion guide. Meskipun T-Slot bisa dipaksakan digunakan sebagai rel, tetapi umumnya rodanya akan mudah aus sehingga gerakannya tidak presisi. Awalnya mungkin tidak begitu terasa, tetapi sejalan dengan waktu, akan berpengaruh besar terhadap hasil kerja mesin kita.

Karena digunakan sebagai Rel, V-Slot hanya punya beberapa variasi dimensi yaitu 2020, 2040, 2060, 2080, 20100, 4040, dan C-Beam 4080.

Bahan yg digunakan untuk V Slot adalah aluminium Grade 6 sehingga secara umum lebih keras dan lebih halus dibanding T-Slot pada umumnya yang tidak mempunyai standard.

V-Slot menjadi lebih mahal daripada T-Slot karena V-Slot pada umumnya punya kwalitas lebih bagus. Disamping itu karena penggunaannya tidak banyak maka biaya produksinya juga menjadi lebih mahal.

Berat T-Slot / V-Slot ukuran 2020 rata2 di sekitar 400 gr sd 500 gr. V Slot sedikit lebih berat sekitar 10 persen. Namun di toko kami, kami mencantumkan berat lebih dari itu karena harus menyisakan untuk packing.