Baru mulai mengenal printer 3D, ketahuilah hal ini.

Bagi yang baru mulai mengenal printer 3D, inilah hal hal yang perlu diketahui agar terhindar dari hal hal yang berbahaya atau bisa merusak printer anda.

  1. PENTING ! : Pastikan Thermistor terpasang dengan benar. Segera matikan kalau Pembacaan temperatur tidak normal. Pemanas yg berjalan di suhu yg tidak terukur bisa mengakibatkan kebakaran.
  2. PENTING ! : Cek apakah kabel USB dari Komputer anda sudah memiliki grounding yang baik. Kabel USB yg “Nyetrum” bisa merusak board yang ada di printer. Bisa processornya, bisa LCD nya yg kena.
  3. PENTING ! : Bagian tertentu di printer akan sangat panas (hingga 200 derajat celcius). Jauhkan dari anak kecil.
  4. Pastikan tegangan rumah anda sesuai dengan tegangan printer.
  5. Object printing bisa sangat melekat di bed. Jadi cobalah untuk memulai dengan obyek yg kecil. Untuk bed Ultrabase, jangan gunakan cairan kimia untuk membersihkan. Cobot obyek printer hanya jika bednya sudah dingin.
  6. Jangan mendorong filament menggunakan exturder jika nozzle masih dingin. Karena filament menjadi tidak bisa keluar dan tekanannya mungkin mematahkan pipa PTFE.
  7. Untuk mengganti filament, Panaskan extruder, dorong dikit baru tarik. Ini untuk menghindari filament macet di tengah2.
  8. Kalau motor stepper hanya bergetar tapi tidak jalan, berarti ada kabel yg tidak terhubung, coba lepas konektor dan sambungkan lagi.
  9. Jaga jangan sampai kabel heatbed konslet (short circuit).
  10. Nozzle dan Throat, butuh penggantian berkala, karena akan bermasalah sejalan dengan pemakaian.
  11. Jangan gunakan filament yg berdebu.
  12. Mulailah dengan kecepatan standard 40mm / s. Printing dengan kecepatan tinggi membutuhkan kemampuan hardware yg lebih besar.
  13. Apabila hasil print anda bergeser, posisi x dan Y nya berubah. Maka cobalah untuk mengatur arus stepper motor dari stepper driver. Arus yg terlalu kecil membuat motor jadi tidak bertenaga dan mudah skip. Demikian pula Arus yg terlalu besar membuat motor panas dan menjadi lemah karena daya magnetnya hilang. Cara pengaturan lihat di
    1. https://www.pololu.com/product/1182
    2. https://www.pololu.com/blog/484/video-setting-the-current-limit-on-pololu-stepper-motor-driver-carriers
  14. Apabila filament tidak mengalir sempurna, kemungkinan gigi extruder kotor / tumpul sehingga selip. Atau motor exturder kurang pas arusnya.
  15. Belt tension dan pulley yg kendor akan membuat hasil print tidak baik.
  16. Bagian2 yg terbuat dari besi (as motor, linear, leadscrew, bearing) harus selalu basah dengan pelumas untuk mencegah karat.
  17. Simpan filament di tempat yg tertutup seperti menggunakan plastik klip. Filament menyerap kelembaban dan ketika sudah lembab, filament menjadi kaku dan mudah patah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *